Tentang FORIKAMI

LOGO-FORIKAMI
FORIKAMI (Forum Riset Ilmiah Kajian Masyarakat) adalah sebuah perkumpulan akademisi, peneliti, praktisi dan mahasiswa serta representatif masyarakat yang berupaya untuk melakukan kontribusi bagi masyarakat Indonesia melalui hasil diskusi dan penelitian dari berbagai lintas disiplin.
 
Saat ini FORIKAMI membawahi 3 (tiga) kelompok riset bersama yaitu Kelompok riset kajian Islam kontemporer, kajian Filsafat terapan, kajian kontemporer Hukum dan Masyarakat.  Adanya kelompok riset ini sebagai ruang untuk berkontribusi dengan menjunjung tinggi semangat intelektualisme.
Kegiatan-Forikami
Penggagas FORIKAMI Cita Indonesia
Penggagas CITA Indonesia yang berevolusi menjadi FORIKAMI
Tidak hanya sebatas forum diskusi dan riset, tetapi Misi FORIKAMI adalah menghubungkan Ilmu dan Masyarakat dalam kemanfaatannya.
Ketua FORIKAMI
0 +
Anggota
0 +
Publikasi
0
Penghargaan
Das Sollen: Jurnal Kajian Kontemporer Hukum Dan Masyarakat
Das Sollen: Jurnal Kajian Kontemporer Hukum Dan Masyarakat

adalah publikasi dengan pendekatan interdisipliner yang didedikasikan untuk mengkaji aspek Hukum dan Masyarakat secara normatif, sosiologis maupun filosofis dalam konteks nasional dan global

Praxis: Jurnal Filsafat Terapan
Praxis: Jurnal Filsafat Terapan

adalah publikasi kajian Filsafat dalam konteks terapan yang didedikasikan untuk mengkaji seluruh aspek tentang Filsafat dan Penerapan Filsafat, terlebih di Negara Indonesia.

Moderasi: Jurnal Kajian Islam Kontemporer
Moderasi: Jurnal Kajian Islam Kontemporer

adalah publikasi multi-disipliner yang didedikasikan untuk mengkaji seluruh aspek tentang Islam dan Islamic World, terlebih di Negara Indonesia.

2022

Sejarah berdiri

FORIKAMI (Forum Riset Ilmiah Kajian Masyarakat Indonesia) berdiri tahun 2022 yang merupakan evolusi dari Komunitas CITA Indonesia (Center for Interdisciplinary Studies Indonesia) yang berdiri sejak tahun 2017.
cita-indonesia

Selayang pandang

FORIKAMI berdiri atas dasar keresahan terhadap adanya jurang pemisah antara Ilmu dengan Masyarakat, terkhusus terlihat sekali ketika Pandemi “menyerang” kita.

Jurang tersebut harus segera dijembatani, sangat berbahaya bila masyarakat Indonesia tetap jatuh ke jurang tersebut. Apalagi, dengan proyeksi-proyeksi bonus demografis bagi NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) pada tahun 2045. Maka generasi muda saat ini wajib memiliki jembatan antara mereka dengan Ilmu Pengetahuan.

Atas dasar itulah, para penggagas mendirikan FORIKAMI yaitu Forum Riset Ilmiah Kajian Masyarakat Indonesia yang fokusnya adalah melakukan forum diskusi antar stakeholder dan melakukan riset terapan yang sifatnya partisipatoris-kolaboratif dengan berbagai macam stakeholders dari akademisi, praktisi, peneliti, mahasiswa dan representatif masyarakat.

Walaupun FORIKAMI baru berdiri di tahun 2022. Sebenarnya para penggagas FORIKAMI adalah teman lama yang tergabung dalam komunitas CITA Indonesia (Center for Interdisicplinary Studies Indonesia) sejak tahun 2017 ketika para penggagas bersekolah di Yogyakarta. Para Penggagas bersekolah di Universitas Gadjah Mada, Universitas Islam Sunan Kali Jaga dan Universitas Islam Indonesia.

FORIKAMI menjadi penerus cita-cita tersebut dengan Anggota yang lebih terbuka dan banyak dari berbagai kalangan. Bagi pembaca yang ingin bersama-sama menjembatani jurang antara Ilmu Pengetahuan dengan Masyarakat Indonesia, mari bergabung dengan kami! Daftar di tautan berikut. DAFTAR#######

Sebuah Visi dan untaian misi.

FORIKAMI
Berbicara tentang menjembatani Ilmu lewat Karang Taruna di hadapan Putri-putri Keraton

Bukan tanpa sebab FORIKAMI berdiri. Keresahan tersebut menghasilkan Visi yang sangat jauh bagi kami menyongsong Indonesia Maju dilandasi pada Masyarakatnya yang Maju. Maka FORIKAMI melandasi hal ini bagi Visi dan diterjemahkan ke dalam misi-misi kami.

FORIKAMI memiliki visi untuk menjadi forum (pertemuan) bagi para peneliti yang berasal dari akademisi, praktisi, mahasiswa dan representatif masyarakat yang mampu berjejaring dan bermitra dengan masyarakat, komunitas, pemerintah dan/atau swasta yang dikelola secara professional kelembagaan dan demokratis yang dilandasi oleh intelektualisme demi menyongsong Indonesia Maju berlandaskan Ilmu Pengetahuan.

Untuk mencapai visi tersebut maka FORIKAMI menterjemahkannya ke dalam misi sebagai berikut:

  1. Menghimpun peneliti dari berbagai lintas disiplin yang berasal dari akademisi, praktisi, mahasiswa dan representatif masyarakat.
  2. Mendorong penyebaran ilmu pengetahuan melalui pemanfaatan berbasis riset ilmiah yang diterbitkan di Jurnal Ilmiah dan berbasis populer dalam media mass dan sosial demi menyasar masyarakat secara umum dan luas.
  3. Menyelengarakan pelatihan dan penguatan kapasitas intelektual untuk menciptakan pribadi yang unggul dalam hal intelektual dan daya kritis.
  4. Memberikan layanan konsultasi dan penelitian di bidang Filsafat, Hukum dan Kajian Islam (untuk saat ini sesuai 3 kelompok riset).
  5. Mengelola jasa konsultasi pendidikan dan meningkatkan kesempatan dan kapasitas intelektual bagi peneliti dan masyarakat umum secara luas.
  6. Menerbitkan Jurnal sebagai wadah hasil riset penelitian dari anggota maupun non-anggota.
  7. Melakukan diseminasi pengetahuan lewat acara formal seperti konferensi dan non-formal seperti diskusi bulanan.

Gerakan masyarakat

FORIKAMI selama ini (sedari program kerja CITA Indonesia) digerakkan oleh para relawan khususnya mahasiswa pascasarjana dan beberapa dosen di berbagai Universitas di Yogyakarta untuk menggelar acara secara offline seperti diskusi mingguan di cafe-cafe atau terjun ke masyarakat langsung di desa-desa di Provinsi DIY.

Sejak Pandemi, saat ini kita terbiasa melalui video conference. Menjadi sebuah keberuntungan luar biasa dengan sudah terbiasanya masyarakat sehingga kita bisa semakin luas. Gerakan relawan, masyarakat bisa dilakukan secara masif dalam skala nasional bahkan internasional.

Maka dari itu, dengan kemudahan ini, FORIKAMI berharap besar kita dapat melakukan agenda rutin mingguan atau bulanan secara daring / online tanpa lupa meninggalkan kegiatan penerjunan langsung secara lokal.

Scroll to Top